SELAMAT DATANG DI WEBLOG NEGERI PERADABAN AGUS THOHIR

Sabtu, 22 Januari 2011

HMI se-Jateng Sesalkan Tindakan Anarkis Mahasiswa (06 Maret 2010)

Semarang CyberNews. Kapolda Jateng Irjen (Pol) Alex Bambang Riatmodjo bertatap muka dengan pengurus Cabang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) se-Jawa Tengah di RM Sari Ratu, Sabtu (6/3) sore. Meski tidak ada agenda khusus, pertemuan itu lebih banyak menyinggung aksi anarkisme mahasiswa Makasar Sulawesi Selatan, yang terjadi baru-baru ini.

Agar aksi bentrok antara Polisi dan mahasiswa HMI itu tidak menjalar ke Jawa Tengah, Kapolda mengajak secara bersama-sama menjaga keamanan dan kondusifitas daerah. Dihadapan Kapolda aktifis HMI Semarang mengaku menyesalkan tindakan mahasiwa di Makassar. Sebab, tindakan mereka dinilai tidak mencerminkan sikap intelektual seorang mahasiswa.

"Perlu diketahui gerakan mahasiswa itu, harus mencerminkan sikap intelektual tinggi. Kami menilai apa yang dilakukan teman teman aktifis di Makasar tidak berdasar gerakan intelektual melainkan mengarah anarkisme," kata Ketua Umum HMI Cabang Semarang, Agus Thohir.

Menurutnya, gerakan mahasiswa HMI di Jawa Tengah apabila turun menjalankan aksi, tidak akan lepas dari koridor gerakan intelektual. Aksi mahasiswa akan menjauhkan diri dari aksi kekerasan, anarkisme dan pelanggaran hukum.

Sedangkan menurut Kapolda, dirinya bisa memahami sikap kritis mahasiswa ketika memandang suatu persoalan. Namun menurut jendral berbintang dua ini, sikap kritis itu perlu disalurkan dalam bentuk positif dan konstruktif. Dia berpesan setiap akan menggelar aksi, perlu menempuh prosedur hukum yakni memberitahukan aksi tersebut kepada aparat Kepolisian.

( Hari Santoso / CN14 )

Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/03/06/48657/HMI-se-Jateng-Sesalkan-Tindakan-Anarkis-Mahasiswa

Tidak ada komentar: