SELAMAT DATANG DI WEBLOG NEGERI PERADABAN AGUS THOHIR

Jumat, 21 Januari 2011

Misi Masa Depan, Secercah Pijakan Untuk Refleksi Perubahan

Awal untuk memulai tulisan ini sebenarnya sangat sederhana, semua orang pasti ingin berterimakasih kepada yang ada disekelilingnya di saat tertentu. Di hari ulang tahun saya yang ke 25, banyak hal yang kudapatkan walau bukan dalam wujud materi. Semua wajib kita syukuri dengan cara yang lebih positif, bahkan dalam konteks tertentu kita harus mampu memaparkan dengan diskripsi kata.

Dihari kelahiran saya yang bertepatan pada tanggal 20 Januari 1986, yang bergulir hingga saat ini menginjak bilangan ke 25 seolah begitu cepat waktu itu, dan rentang waktu yang telah saya lewati memberi banyak hikmah. Mulai dari sederhana, ucapan yang bertaburan dari kawan yang berwujud lisan hingga tulisan perlu diapresiasi. Kadang saya juga merasa geli, tertawa sendiri ketika baca ucapan selamat ulang tahun, ada yang serius hingga berbalut canda diselipkan sebagai spirit untuk memecah kebuntuan. Bisa dibilang unik dan kreatif, pastinya terimakasih banyak kawan atas semuanya.

Di hari ulang tahun ini banyak persepsi yang muncul dari kepala saya, sebenarnya saya ingin menuliskannya dalam kata-kata yang sederhana dan mudah difahami, tapi yang keluar hanya bait kata yang tertata sehingga lebih banyak seperti puisi. Ya, mungkin itu keindahan, mungkin itu apresiasi yang keluar sehingga keterwakilan kata tetap dapat terurai dalam kalimat sederhana dan filosofis.

Tulisan ini saya teruskan sebagai argumentasi lain yang lebih terdokumentasi, karena ada yang berbeda dari biasanya. Kali ini seperti biasanya, setiap apa yang kita gulirkan merupakan ide kreatif sehingga memicu sikap kita agar kemudian hari ada pijakan untuk bias baik lagi atau lebih dari biasanya sehingga kita bisa menjadi luar biasa. Tidak ada yang tidak mungkin menjadi keterwakilan pokok tulisan saya ini.

Allah memberikan kesempatan pada kita hidup didunia ini mempunyai arti dan perlu kita apresiasi. Termasuk saat saat tertentu kita harus mampu berintrospeksi, agar ada perubahan dikelak kemudian hari. Apa yang saat ini kita pikirkan dan apa yang esok kita dapatkan akan menjadi akumulasi tindakan nyata. Sehingga yang kita miliki dan kita lakukan adalah bagian penting yang luar biasa. Bisa dibilang perubahan itu adalah konsistensi yang dapat kita tingkatkan menjadi kualitas hidup.

Ada tulisan yang menarik dari bait berirama dibawah ini;

Allah mentakdirkan umur, tapi tak tahu kapan kita mati !
Allah mentakdirkan jodoh, tapi tak tahu siapa dia !
Allah mentakdirkan rejeki tapi tak tahu berapa, dimana dan lewat apa kita mendapatkannya?
Allah mentakdirkan nasib, tapi tak tahu kapan sial, kapan beruntung?

Allah mentakdirkan kita hidup ini tentunya tidak sekedarnya dan hanya dengan tanda seru, tanda tanya atau bahkan tanda lain, yang pasti tanda yang dihadapkan ke kita semua menjadikan diri sebagai manusia yang siap bertegas diri memilih diantara pilihan hidup. Antara mudah dan susah, antara senang dan sedih, antara untung dan rugi dan seterusnya. Semua mengartikan pilihan dan permainan, sehingga peluang dapat terus kita ciptakan agar hidup lebih berguna dan mencapai nilai kemanfaatan.

Semoga di usia ke 25 ini ada pesan lain yang dapat saya uraikan dalam tindakan. Karena masih banyak yang belum diwujudkan, dan banyak tanda tanya yang bergulir dari kepala ini karena kita tidak tahu kapan dan seperti apa esok, lusa dan satu tahun kedepan dari nasib yang ditakdirkan, rejeki, jodoh yang tersisa akan umur yang dititipkan pada kita. Yang jelas saya harus berani berposes dan berubah, tidak ada kata lain selain menjadi diri sendiri yang siap menghadapi perubahan-perubahan besar.

Sebaik-baik manusia adalah yang terbaik memberikan manfaat kepada sesamanya (hadits), sedikit saya mengutip hadits tersebut agar ada pilihan untuk bias saya sikapi, apapun yang saya lakukan jelasnya mampu memberikan manfaat terbaik kepada semuanya. Perubahan dan mitos selalu beriringan disetiap saat, yang lebih penting ada “Tekad” maka mitos dapat kita tepis dan perubahan dapat kita ciptakan. Itulah selaras antara ide yang bersanding dengan sikap tindakan, mau atau tidak pastinya kita memilih yang berkualitas agar kedewasaan berpihak pada kita.

Mungkin atau tidak ? sebagai awal di paragraph ini saya tuliskan dan tegaskan. Bisa mungkin bahkan bisa tidak, tapi mungkin semua tidak dan berlalu begitu saja kalau kita tidak berani memilih untuk masa depan kita. Mustahil atau tidak yang jelas semua bisa menjadi nyata sehingga kemungkinan dapat kita raih dan ciptakan. Jangan berikan kesempatan pada kata “ tidak” atau “ tidak bisa” tapi biasakanlah dengan kata “ Ya” atau “Bisa”, karena kalau kita menolak perubahan berarti kita tidak punya tekad kuat sehingga kita memperlemah diri kita.

Yang pasti esok adalah misteri yang harus kita ungkap agar kita menciptakan sesuatu yang lebih baik, karena dengan kita berani melakukan espektasi, berarti kita memberanikan diri menempa agar keberpihakan selalu kita sandarkan pada tekad dengan dosis tinggi. Berani sukses berarti berani bermimpi dan siap berjuang menghadapi resiko demi terwujudnya cita-cita, dan perlu diingat kita tidak boleh sembrono asal-asalan.

“Pikirane ubah, tangane polah, lan atine kudu pasrah” pikirannya harus dirubah “persepsi yang kita bangun” dengan cekatan dan cerdas, kita harus bertindak sigap dan tangkas dan tentunya kita harus ikhlas dengan semua yang telah kita jalani. Semoga kita bisa dan siap menyambut asa dan masa dengan tindakan, kebiasaan dan kebijaksanaan. Semua bisa kita laksanakan dan semua bisa sukses dikemudian hari dengan dimulai dari keyakinan kita, harapan kita, dan sikap nyata kita.

Maka, marilah segera putuskan mulai sekarang juga, mulailah dengan perubahan maka kita akan siap sukses dan kita akan menjemput impian. Tidak ada yang abadi, kecuali perubahan itu sendiri!, dan perubahan akan terus terjadi baik diharapkan atau tidak diharapkan. Modifikasi untuk masa depan semoga bisa segera dan dimulai sekarang dan kita siap menjadi yang terbaik dan luar biasa, Amien...

Jakarta, 20 Januari 2011

Tidak ada komentar: